Senin, 20 September 2010

Sanggar Seni Tanadoang di Wonderful Indonesia 2008




Assalamualaikum.. Kali ini saya ingin berbagi tentang partisipasi tim Sanggar Seni Tanadoang (SSTD) dalam event pariwisata andalan Indonesia, Wonderful Indonesia, di Orchard Road Singapura pada tahun 2008 silam.



Sebagai delegasi dari provinsi Sulawesi Selatan, Sanggar Seni Tanadoang tidak hanya menampilkan Tari Lambo', tetapi juga menampilkan Tari Pakarena balla'bulo sebagai tarian tradisional warisan kebudayaan masyarakat selayar. Tari Pakarena ditampilkan pada tanggal 26 juli 2016, sedangkan Tari Lambo' pada tanggal 27 juli 2016. 

Event ini telah didesain sedemikian rupa sehingga memungkinkan para wisatawan disekitar Orchard road dapat mengunjungi event ini dengan leluasa. Tak heran jika begitu banyak wisatawan dari berbagai negara nampak memadati wilayah event ini. Mereka juga begitu antusias untuk mengabadikan keindahan gerak tarian dan kostum tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebelum dipersilahkan menampilkan Tari Lambo', host juga menyisipkan sesi wawancara dengan maksud memperkenalkan kisah tari lambo' kepada para penonton, agar mereka bisa lebih memahami dan menikmati kisah yang ditampilkan melalui seni gerak dalam Tari Lambo'. Memperoleh kesempatan untuk menjelaskan kisah dibalik tari lambo tentu saja menjadi pengalaman tak terlupakan bagi saya pribadi. 

Setelah penampilan Tari Lambo, kami kemudian diberi kesempatan untuk memberi penjelasan dan menjawab inkuiri para wisatawan yang berkunjung ke stand Sulawesi Selatan. Saat itu, saya memperoleh pengalaman berharga tentang bagaimana menjelaskan pariwisata Indonesia kepada para wisatawan dengan latar belakang bahasa yang berbeda. Memahami bahasa inggris dengan dialek china adalah salah satu kesulitan yang saat itu memberi perspektif baru mengenai tantangan dalam melakukan komunikasi internasional.   



Ini adalah salah satu gerakan favorit saya dalam Tari Lambo' 


Nah, inilah semua rombongan dari Kabupaten Kepulauan Selayar. Sebelum tampil di Singapura, kami juga memperkenalkan seni budaya Kabupaten Selayar di Pulau Batam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar