Sabtu, 09 Oktober 2010

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Andi Citra pratiwi / ICP / 091404170
Perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan adalah sebagai berikut:
1.Sentrosom: Sentrosom merupakan area pada sel dimana mikrotubuh diproduksi. Sentrosom pada sel hewan maupun pada sel tumbuhan menjalankan fungsi yang sama, yaitu untuk membentuk gelendong pembelahan. Sentrosom sel hewan dan sel tumbuhan mengandung kumpulan mikrotubula, tetapi semntrosom sel hewan lebih sederhana dan tidak memiliki sentriol.

2.sentriol: Sentriol merupakan kumpulan dari 9 kelompok mikrotubula yang membentuk lingkaran, dan setiap kelompok terdiri atas 3 mikrotubula. Sel hewan memiliki pasangan sentriol yang tegak lurus satu sama lain, namun sel tumbuhan tidak memiliki sentriol.

3.Lisosom: Lisosom mengandung enzim hidrolitik yang penting untuk pencernaan intraselular. Lisosom banyak terdapat pada sel hewan, khususnya sel-sel yang berfungsi untuk fagositosis seperti sel darah putih. Lisosom jarang ditemukan pada sel tumbuhan. Enzim hidrolitik pada tumbuhan biasanya terdapat pada vakuola.


4.Vakuola:
Vakuola adalah organel sitoplasma yang dibatasi membrane (tonoplas), berperan dalam pencernaan intraselular dan pengeluaran zat-zat sisa. Sel hewan memiliki vakuola yang kecil. Sedangkan vakuola pada tumbuhan jauh lebih besar. Vakuola pada tumbuhan dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan dan zat-zat sisa, berperan dalam memperbesar ukuran sel selama pertumbuhan, mempertahankan turgor sel, dan dapat pula bertindak layaknya lisosom pada sel hewan.

5.Dinding sel: Dinding sel tidak terdapat pada sel hewan, dinding sel hanya ditemukan pada sel tumbuhan. Dinding sel bersifat kaku, sehingga dapat memberi dan mempertahankan bentuk sel, sekaligus member perlindungan. Pada tumbuhan tingkat tinggi, dinding sel banyak mengandung polisakarisa berupa selulosa.


6.Kloroplas:
Merupakan organel (plastida) berisi pigmen klorofil yang memungkinkan tumbuhan melakukan fotosintesis. Plastida hanya dimiliki oleh sel tumbuhan. Sel hewan tidak memiliki kloroplas (plastida).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar