Selasa, 15 Februari 2011

Fisiologi Hewan

Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari fungsi-fungsi tubuh mahluk hidup, yaitu mengenai mekanisme terjadinya berbagai proses pada sistem-sistem organ yang menyusun tubuh suatu organisme. Ada 2 jenis pendekatan yang dapat digunakan untuk mempelajari fisiologi, yaitu: pendekatan mekanistik dan pendekatan teleologikal.
1. Pendekatan mekanistik, menjelaskan tentang mekanisme berlangsungnya suatu proses fisiologis di dalam tubuh mahluk hidup.
2. Pendekatan teleologistik, menjelaskan tentang fungsi/manfaat dari berlangsungnya proses tersebut.

Sebagai contoh, saat tubuh menggigil karena penurunan suhu. Dengan pendekatan mekanistik, dapat dijelaskan bahwa: ketika reseptor panas mendeteksi adanya penurunan suhu, maka serabut saraf akan mengantarkan impuls kepada hipotalamus sebagai pusat pengatur suhu, selanjutnya hipotalamus (melalui sistem saraf otonom) akan mengaktifkan otot untuk berkontraksi, sehingga terjadilah menggigil. Dengan pendekatan teleologikal, dapat dijelaskan bahwa mengigil itu untuk menjaga agar tubuh tetap panas, karena menggigil dapat menghasilkan panas.

Sel mrupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari tubuh mahluk hidup. Beberapa sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama akan membentuk jaringan. Beberapa jaringan bekerja sama untuk membentuk organ. Beberapa organ membentuk sistem organ. Ada 11 sistem dalam tubuh hewan, yaitu sistem rangka, otot, saraf, pencernaan, pernafasan, integumen, urinaria, reproduksi, sirkulasi, endokrin, dan sistem pertahanan. Sistem organ inilah yang akhirnya dapat ,membentuk suatu organisme / individu yang dapat survive.

Untuk dapat hidup, maka kondisi fisiologis di dalam tubuh mahluk hidup harus dipertahankan pada kondisi yang tetap/stabil. Pemeliharaan ligkungan internal mahluk hidup (multiseluler) dalam kondisi relatif stabil disebut homeostasis. Setiap sel yang menyusun tubuh mahluk hidup (multiseluler) harus memberi kontribusi bagi tercapainya kondisi homeostasis. Sistem tubuh yang berlangsung akan menjaga homeostasis, dan homeostasis ini dibutuhkan ole sel untuk dapat menunjang sistem tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar