Senin, 21 Februari 2011

Mekanisme Membuka dan Menutupnya Stomata

stomata membuka jika tekanan turgor sel penutup tinggi, dan menutup jika tekanan turgor sel penutup rendah.

Ketika air dari sel tetangga memasuki sel penutup, sel penutup akan memiliki tekanan turgor yang tinggi. Sementara itu, sel tetangga yang telah kehilangan air akan mengerut, sehingga menarik sel pennutup kebelakang, maka stomata terbuka.

Sebaliknya, ketika air meninggalkan sel penutup dan menuju ke dalam sel tetangga, maka tekanan turgor di dalam sel penutup akan menurun (rendah). Sementara itu, sel tetangga yang mengakumulasi lebih banyak air akan menggelembung, sehingga mendorong sel penutup ke depan, maka stomata tertutup.

Pertanyaan yang kini muncul adalah: ''Apa yang mempengaruhi perpindahan air dari sel penutup menuju sel penjaga atau sebaliknya?''

Perpindahan air dari sel penutup menuju ke sel penjaga (dan juga sebaliknya) dipengaruhi oleh perubahan komposisi kimia di dalam sel tersebut. Berdasarkan Teori Pemompaan Ion Kalium (K+), perubahan komposisi kimia di dalam sel yang menyebabkan air berpindah dari satu sel ke sel lainnya, disebabkan proses penyerapan atau pengeluaran ion Kalium oleh sel tersebut.

Ketika sel penutup secara aktif mengakumulasi ion K+ dari sel-sel epodermis disekitarnya, Potensial Air (PA) dalam sel penutup menjadi lebih rendah (lebih negatif) dari sel-sel disekitarnya. Hal ini menyebabkan air akan mengalir dari sel-sel disekitarnya untuk memasuki sel penutup, karena air berpindah dari larutan yang memiliki PA tinggi menuju larutan dengan PA rendah. Ketika air memasuki sel penutup, tekanan turgor dalam sel penutup akan semakin tinggi, hingga akhirnya stomata terbuka.

Sebaliknya, ketika ion kalium (k+) meninggalkan sel penutup dan terakumulasi di dalam sel tetangga, potensial air sel tetangga akan menjadi semakin negatif. Sementara itu, potensial air didalam sel penutup (yang semakin mendekati nilai nol) menjadi lebih tinggi daripada sel tetangga. Hal ini menyebabkan air keluar dari sel penutup dan memasuki sel penjaga, sehingga tekanan turgor di dalam sel penutup menjadi rendah, dan akhirnya stomata tertutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar