Tips Mencari Makanan Halal di Thailand


Thailand telah dikenal sebagai salah satu tujuan wisata favorit di kawasan Asia Tenggara. Tak heran jika semakin banyak wisatawan Indonesia yang berkunjung, untuk sekedar menghabiskan waktu liburan, ataupun tujuan khusus seperti pertukaran pelajar, KKN internasional, hingga kegiatan konferensi.

Memang, mencari makanan halal di Thailand tidak semudah di Indonesia. Pasalnya, hanya ada sekitar 5% dari total penduduk Thailand yang beragama Islam. Karena itu, b
anyak antara teman-teman saya yang selalu bertanya, "Apa saja makanan halal di Thailand?" atau "Adakah makanan halal di Thailand?". 


Saat ini, makanan halal sudah lebih mudah ditemukan. Di universitas, biasanya disediakan setidaknya satu warung halal untuk mahasiswa muslim. Tahun 2016 lalu, di universitas saya setidaknya sudah ada dua warung halal. Jadi, mencari makanan halal bukanlah masalah besar selama masih berada di lingkungan kampus.


Penganut agama islam di Thailand hanya sekitar 5%, itupun terkonsentrasi pada beberapa provinsi di wilayah selatan yang berbatasan dengan Malaysia. Mencari makanan halal tidak akan menjadi masalah jika teman-teman berwisata ke wilayah selatan yang penduduknya mayoritas muslim. Tapi, bagaimana jika berwisata ke wilayah utara seperti Provinsi Chiang Mai atau ke Ibu Kota Thailand, Bangkok? 

Nah, untuk teman-teman yang punya rencana berwisata ke Thailand, berikut ini 5 tempat yang dapat dikunjungi untuk memperoleh makanan halal.

1. Seven Eleven
Seven Eleven di Thailand layaknya Indomaret dan Alfamart di Indonesia, bisa ditemukan dimana-mana. Seven Eleven menyediakan berbagai makanan instant, seperti spaghetti dan fried rice, yang harganya berkisar antara 30 THB hingga 45 THB. Jika ingin membeli jenis makanan ini, pilih saja yang sudah berlogo halal. Selain itu, seven eleven juga menjual nasi, termasuk nasi putih dan nasi merah. Harganya berkisar antara 15 THB hingga 20 THB.

Seven Eleven


2. Tops Market
Di pusat perbelanjaan, seperti MBK atau Siam Paragon, makanan halal bisa dibeli di Tops Market. Sticky Rice with Manggo adalah salah satu favorit saya. Harganya sekitar 60 THB. Atau bisa juga salad sayuran yang dijual sekitar 30 THB hingga 40 THB per 100 gram.


Tops Market MBK tampak depan


Sticky Rice with Mango (Khaw Niaw Mamuang)

Resting Space di Tops Market



3. Food Court

Food court di pusat perbelanjaan bisanya tidak banyak menyediakan makanan halal. Tapi, jika anda mengunjungi Platinum Fashion Mall di wilayah Pratunam, sudah ada setidaknya satu stall halal. Di food court ini, anda bisa mencicipi Tom Yum Kung dengan harga sekitar 45 THB hingga 60 THB. 

Aneka Phad Thai



4. Baiyoke Suite Hotel
Makanan halal bisa ditemukan di resto Baiyoke Suite Hotel lantai dasar. Ditempat ini, anda bisa mencicipi salah satu makanan khas Thailand, Phad Thai, yang penampakannya seperti bihun goreng. Per September 2016 lalu, harga satu porsi Phad Thai dengan segelas es teh sekitar 130 THB.

Phad Thai (Sumber: eatingthaifood.com)


5. International Airport
Makanan halal dapat pula ditemukan di international airport. Di Suvarnabhum International Airport, makanan halal bisa dibeli di Magic Food Court. Di Don Mueang International Airport, makanan halal bisa dibeli di resto halal Warung Bangmad. Warung Bangmad ini berada tepat di depan mushollah di terminal 2. Jadi, setelah shalat, boleh mampir dulu membeli makanan dan teh tarik di warung ini.



Warung Bangmad


Sudah punya bayangan mau beli makakan apa setelah tiba di Thailand? Mango Sticky Rice di Tops Mart atau Tom Yum Kung di Food Court Platinum? 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kekhawatiran Wanita: Kecantikan, Jodoh, dan Gaya Hidup

5 Buku Terbaik Yang Pernah Saya Baca

Pura-Pura Bahagia Tak Perlu Banyak Energi