Hijup dan Softex Daun Sirih: Bongkar Rahasia Sehat Wanita

Sekilas, informasi tentang menjaga kesehatan terkesan mudah saja, cukup google search atau bertanya ke orang-rang terdekat. Namun, hal ini menjadi berbeda jika yang dibicarakan adalah kesehatan organ reproduksi. Kenapa? Karena, tidak banyak orang yang mau mendiskusikan ini secara terbuka. Sebagian menganggapnya tabu untuk dibicarakan. Alhasil, banyak diantara kita yang melalui masa-masa pubertas tanpa tahu betul bagaimana cara menjaga kesehatan organ reproduksi. Setuju ga sih teman-teman?

Nah, di tengah-tengah minimnya diskusi tentang bagaimana menjaga kesehatan organ reproduksi, Hijup dan Softex Daun Sirih membuka lebar kesempatan bagi para wanita untuk membangun pemahaman tentang hal ini. Tidak tanggung-tanggung, event ini menghadirkan seorang seorang dokter spesialis obstetri ginekologi dan tentu saja seorang social media influencer.

Buat teman-teman yang penasaran superti apa keseruan event Hijup x Softex Daun Sirih, atau mau tahu tips menjaga kesehatan area kewanitaan, jangan khawatir, Saya akan share di tulisan ini! Woohooo...


***



“Ngobrol Sehat Bebas Worries” adalah tema yang diangkat dalam Hijup Bloggers Meet Up yang mengundang puluhan Blogger Makassar di ON20 Bar and Sky Lounge Hotel Aston, pada 8 Juni 2018 lalu. Karena tema obrolannya tentang kesehatan area kewanitaan, blogger yang hadir tentu saja blogger perempuan. Senang sekali rasanya bisa ikut hadir sore itu. Senang karena bisa silaturrahmi dengan teman-teman blogger, senang karena bisa dapat ilmu baru, juga senang karena dapat hampers dari Hijup  dan Softex Daun Sirih. Love!



Suasana ruangan dengan nuansa hijau putih yang fresh




Talkshow hari itu dibuka dengan bincang-bincang bersama selebgram asal Kota Bandung, Ashry Rabani, tentang pengalamannya menjaga kesehatan kewanitaan. Rajin minum air putih adalah salah satu tips Ashry untuk menjaga kesehatan di tengah-tengah aktivitas yang padat. 

Sore itu, Ashry juga memaparkan kekhawatirannya tentang kesehatan kewanitaan, yaitu tentang keputihan. Saya pikir, hampir semua wanita khawatir tentang masalah keputihan ini. Apakah keputihan itu pertanda adanya masalah? Lalu, apa yang harus kita lakukan jika mengalami keputihan?


Ashry berbagi pengalamannya menjaga kesehatan


Untuk menjawab kekhawatiran tentang keputihan tadi, tentu saja diserahkan kepada ahlinya, dr. Bram Pradipta SpOG, seorang spesialis Obstetri Ginekologi yang menjadi narasumber kedua sore itu. Menurut dr. Bram, tidak semua keputihan perlu dikhawatirkan. Kenapa? Karena, ada jenis keputihan normal dan ada pula yang tidak normal. 

Bagaimana membedakan jenis keputihan normal dan tidak? Gampang saja, perhatikan warna, bau, dan tekstur. Keputihan normal umumnya berwarna bening atau putih susu, tidak berbau, dengan tekstur lengket atau agak licin. Jika warna dan bau dari keputihan yang dialami berubah, misalnya berwarna kekuningan dengan bau menyengat, dan disertai dengan rasa gatal atau perih, kemungkinan keputihan anda tidak normal. 


dr. Bram menjelaskan faktor penyebab keputihan


Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan keputihan abnormal ini, seperti bakteri, jamur, penggunaan antibiotik, dan berbagai faktor lain. Dan, keputihan abnormal ini juga bisa berawal dari kelalaian menjaga kesehatan selama menstruasi, loh. Pernah, tiga tahun lalu, seorang teman kebingungan karena mengalami keputihan disertai rasa gatal di daerah kewanitaannya. Setelah kepo-kepo di google, muncullah berbagai diagnosa penyakit menular. Dia jadinya takut dong. Soalnya, gejalanya mirip. Jadilah teman saya ini buru-buru ke dokter. Nah, ketahuan, biang keroknya ternyata jamur. Lah, kok bisa? Jadi, ternyata, beberapa hari sebelumnya, dia ikut seleksi kerja di salah satu perusahaan swasta. Tesnya itu dari pagi sampai sore. Setelah tes, dia lanjut lagi ke mall membeli peralatan. Jam sepuluh malam baru tiba di rumah. Dia baru sadar, sejak pagi pembalutnya belum diganti! My God!

Menjaga area kewanitaan tetap bersih dan kering Selma menstruasi itu memang penting. Lupa mengganti pembalut hingga lebih dari 12 jam tentu akan menjadi sumber masalah. Kelembaban yang tinggi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan populasi jamur berkembang dengan pesat, hingga menekan populasi flora normal (mikroba yang ditemukan dalam kondisi normal) di area kewanitaan. Jika populasi mikroba patogen jauh melebihi jumlah flora normal, maka berbagai masalah bisa muncul. Keputihan yang disertai rasa gatal hanyalah salah satunya.

Peningkatan kelembaban di area kewanitaan seringkali sulit dihindari selama menstruasi. Keluarnya darah menstruasi tentu menyebabkan kelembaban meningkat, belum lagi jika pembalut yang digunakan tidak menyerap dengan cepat. Tapi, teman-teman tidak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada Softex Daun Sirih yang telah dirancang khusus untuk mengatasi masalah ini. Sore itu, di sesi ketiga obrolan bebas worries, Anastasia Erika selaku Brand Manager Softex Indonesia berbagi tips memilih pembalut yang sehat untuk area kewanitaan. Yang paling penting, pembalut itu tidak mengandung bahan kimia berbahaya, dan menyediakan permukaan yang cepat kering, sehingga mencegah kelembaban yang tinggi selama menstruasi.


Brand Manager Softex, Anastasia Erika, menjelaskan kelebihan Softex Daun Sirih


Kita tentu sepakat kalau memilih pembalut yang tepat itu wajib hukumnya. Masalah kesehatan tentu harus selalu nomor satu. Nah, buat teman-teman yang masih bingung memilih pembalut yang tepat, Softex Daun Sirih bisa menjadi pilihan cerdas. Kenapa? Tentu saja karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. 

Kelebihan pertama, Softext Daun sirih mengandung antiseptik alami. Sejak kecil, kita sudah sering melihat orang dewasa menggunakan daun sirih sebagai obat. Berbagai penelitian ilmiah telah menunjukkan daun sirih memang memiliki kandungan antiseptik alami. Kebayangkan gimana sehatnya pembalut dengan kandungan antiseptik alami. 

Kelebihan kedua, Softex Daun Sirih dapat menyerap lebih cepat. Hasil survey dari 649 wanita menunjukkan 9 dari 10 wanita mengakui softex dapat menyerap dalam 1 detik, sehingga permukaan pembalut kering dan mengurangi bau selama haid. Selain itu, Softex Daun Sirih ini juga sudah mengantongi sertifikat dari Australian Dematologists sebagai pembalut dan panty liner yang aman bagi kulit sensitif wanita. Jadinya, ga perlu takut iritasi buat teman-teman yang kulitnya sensitif. 

Kelebihan yang tidak kalah pentingnya, Softex Daun Sirih ini sudah bersertifikasi HALAL dari Majelis Ulama Indonesia dan juga terdaftar di BPOM. Nah, benar-benar paket komplit kan? Sudah mengandung antiseptik alami, cepat kering, anti bau, ramah kulit sensitif, dan halal. Perfecto!




Oh iya, karena sudah dapat hampers dari Softex juga, saya akan berbagi beberapa varian produk Softex Daun Sirih. Jadi, variannya itu bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk hari pertama yang biasanya lancar seperti jalan tol, bisa pakai yang Slim Heavy Flow Wing 29 cm atau Slim Heavy Flow Wing 36 cm. Untuk hari-hari dengan flow sedang, bisa gunakan Slim Regular Flow Wing (23 cm) atau Slim Regular Non Wing (23 cm). Di hari-hari terakhir, yang biasanya cuma sedikit, Panty Liner Loger and Wider yang mencapai 18 cm. Karena panjangnya yang mencapai 18 cm dan cukup lebar, jadi terlihat mirip pembalut. Nah, untuk panty liner ini, ada juga Panty Liner 15 cm yang bisa menjadi pilihan di hari-hari biasa ataupun saat bepergian jauh. 

Setelah ngobrol-ngobrol seru dengan ketiga narasumber, acara sore itu dilanjutkan dengan Teknik Foto Flat Lay. Teknik foto flat lay ini tent saja jadi ilmu yang bermanfaat buat para blogger, yah salah satunya untuk menampilkan foto produk yang ingin direview. Ada 4 hal penting dalam menghasilkan foto yang berkualitas dengan teknik flat lay, yaitu background, komposisi, kreativitas, dan tentu saja editing. 

"Backgroundnya itu, kalau bukan putih, yang yang bertekstur" begitu penjelasan narasumber sore itu. Ini soal selera sih sebenarnya. Setelah memilih backround, kita boleh mengatur komposisi benda yang akan difoto. Secara umum, ada dua jenis komposisi: rapih dan acak. Sama seperti background, ini juga soal selera. Nah, setelah menentukan komposisi, manfaatkanlah kreatifitas. Kreatifitas itu segalanya. Silahkan manfaatkan apapun yang ada di sekeliling dan ciptakan estetika dengan benda-benda itu. Setelah berkreasi dengan berbagai background, komposisi, dan kreatifitas, maka hasil foto masih harus melalui tahap editing. Proses editing ini penting, karena dapat membuat foto terlihat lebih baik. Untuk proses editing ini, disarankan menggunakan aplikasi VSCO dan Snapseed. 



Setelah pemaparan materi, ada tantangan foto Flat Lay juga sore itu. Semua perserta beramai-ramai mempraktekkan teknik flat lay. Hasil fotonya keren-keren doong. Ini dia lima besar pemenang lomba dengan hasil foto terbaik! 



Lima Besar Foto Terbaik bersama Narasumber (Tengah)



Jadi begitulah cerita tentang keseruan Hijup Bloggers Meet Up yang sudah memberi banyak ilmu sore itu. Oh iya, ada satu lagi informasi menarik nih! 


 



Untuk teman-teman yang ingin berbelanja di Hijup.com, kalian bisa mendapatkan potongan sebesar Rp 50.000 dengan minimum pembelajnaan Rp 250.000. Cukup dengan menggunakan kode Voucher HIJUPSFTXMKS. Jangan sampai ketinggalan yah guys, kode voucher hanya berlaku hingga 12 Agustus 2018!

All the best!

Komentar

  1. Salut deh sama kak cit yang selalu punya inspirasi buat nulis. Kali ini menarik banget, terlebih yang dibahas kali ini kesehatan reproduksi. Sensiftif banget, tpi jadi lebih paham hihihih, btw aku juga pake produk yang sama❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah, gea udah pakai produknya yaaah ternyataa.. thank you for.reading geaa

      Hapus
  2. Wah suka sekaliiii dengan forum atau diskusi yang bertema "perempuan banget" . Soalnya meyti masih kagok dan parnoan kalo bahas tentang ituuu๐Ÿ˜… Untungnya kak citra mau share pengalaman talkshow bareng Hijup x Softex Daun Sirih yg ngejelasin tentang pentingnya menjaga kesehatan organ reproduksi wanita. Dan ini nambah wawasan aku banget kak๐Ÿ’œ

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you for reading dear mey..

      Hapus
  3. Udududu memangnya pembahasan kalau tentang wanita ini tak ada habis-habisnya, terlebih lagi tentang organ reproduksi serta siklus-siklusnya ini. Kadang memang yang suka bikin parno, terlebih lagi karena sedikitnya informasi tentang kesehatan rreproduksi ini (dan juga karena reproduksi merupakan hal yang sangat 'tabu' untuk dibicarakan di ruang publik). Thanks kak, sudha bagi-bagi informasinya, uwuwuwu~

    Jadi kayaknya bolehlah nanti kalau pihak dari Softex bikin talkshow ke kampus-kampus atau sekolah, supaya masyarakat utamanya gadis-gadis muda nan kinyis-kinyis ini bisa tahu lebih banyak tentang tubuh mereka sendiri :D :D :D (dan kalau bisa sih gratis) (((maunya dasar huuuuu)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. uwoo.. ide baaaguuss!semoga bisa menyentuh lebih banyak masyarakat yaaaa.. terima kasih rin

      Hapus
  4. Soal keputihan emang jadi momok buat sebagian besar perempuan yaa...
    Tapi dengan hadir di acara ini, kita jadi dapat ilmu yang bermanfaat bagaimana mencegah dan mengatasi keputihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, alhamdulillah bisa dapat ilmu baru di event ini..<3

      Hapus
  5. Kak tulisannya informatif skaliii, semoga lebih berjaya kedepannya. Salam kenal kak ๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung Alifah.. salam kenal yaa

      Hapus
  6. Organ reproduksi memang wajib dijaga dan perhatikan kebersihannya ya. karena cantik luar dalam adalah impian setiap wanita.

    BalasHapus
  7. Softex daun sirih banyak variannya yah. Jadi mudah kita memilih sesuai kebutuhan termasuk pantyliner untuk dipakai sehari hari yang bisa kurangi kelembaban

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujuu kak, pantyliner 15 cm favoritku siih ❤❤

      Hapus
  8. Halo kk citra. Salam kenal. Senang banget loh bisa ikutan acara yg berfaedah kyk gini. Saya sudah coba softex pantylinernya dan saya sangat suka.

    Btw saya loh yang ada di foto pertama di postingan ini... hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai hai Kak Mangkawani.. salam kenal yaa.. terima kasih sudah berkunjung.. Oh iya, kita kan yang bareng berdiri di belakang pas foto rame rame :D

      Hapus
  9. Haiii cit... Usut pny usut kemaren2 aku masih aja galau nyari pembalut yg cocok. Sampe akhirnya aku dpt softex natural hygiene di slah 1 supermarket dkt rumah... Nah yg aku suka tuh brand pembalut ini unik bgt, pny varian softex dgn "kombinasi 3 in 1 yg lengkap untuk 1 siklus haid" jadi aku ga perlu ribet beli beragam pembalut dgn fungsi berbed. Dlm sepaket ada ukuran 23, 29, sampe 36 cm. Bahkan dpt pantylaner jg.. Lengkap!

    Apalagi daya serap nya jg yg tinggi bikin gak mudah bocor kalo lg byk2nha dan yg pastu sudah dpt sertifikat halal dr MUI.

    Pokoknya sejak itu sampe skg aku masih setia bgt cit pake softex.. Aku ga mw pindah k lain hati deh cit.. Karena softex menjawab smw permasalahan wanita

    BalasHapus
  10. Yeahhh... Thanks for sharing.. ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for reading dear kak evhy ^^

      Hapus
  11. Wahhh..kyaknya wajib dcoba pembalut yg ini..krn klo pke yg lain sering buat iritasi๐Ÿ˜•๐Ÿ˜•..thanks kakak cantik buat infonya๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

    BalasHapus
  12. Keputihan itu harus diwaspadai karena bisa jadi mengerikan ya. Dengan Softex Daun Sirih in syaa Allah bisa lebih terjaga

    BalasHapus
  13. Saya juga biasa keputihan dan saya sklu mau nanya2 tp ga ada momentnya, akhirnya di event ini terjawab sudah . Solusiable ki mmg. Btw ulasannya baguss citra, goodluck yaa.. semoga wt ktmu lg di event blogger lainnya .

    BalasHapus
  14. Wah sudah dapat pengetahuan tentang kesehatan, dapat voucher belanja pula.. Alhamdulillah yaaa

    BalasHapus
  15. Jadi jangan dipandang enteng itu keputihan di, harus tetap waspada. Semoga kita semua terhindar dari penyakit yang membahayakan itu.

    BalasHapus
  16. beruntung bisa datang ke event ini jadi bisa tau solusi untuk masalah keputihan juga deh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kekhawatiran Wanita: Kecantikan, Jodoh, dan Gaya Hidup

Pura-Pura Bahagia Tak Perlu Banyak Energi

Hal-Hal Baik Yang Terlewatkan