Perhitungan Frekuensi Alel pada Populasi

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas bahwa evolusi terjadi pada tingkat populasi. Dalam hal ini, evolusi dipahami sebagai akumulasi perubahan karakter yang diwariskan dari generasi ke generasi, sehingga pada akhirnya berujung pada terbentuknya suatu spesies dengan karakter yang berbeda dari pupolasi leluhurnya.

Untuk memahami terjadinya evolusi pada populasi, ada beberapa istilah penting yang perlu dipahami, yakni: (1) gene pool, (2) frekuensi fenotipe, (3) frekuensi genotipe, dan (4) kesetimbangan genetik.


Apa yang dimaksud dengan Gene Pool?
Setiap populasi memiliki gene pool. Gene pool adalah keseluruhan alel untuk semua lokus gen yang ada pada suatu populasi. Pada individu pada populasi memiliki sel diploid, maka setiap individu berkontribusi pada frekuensi genotipe dan frekuensi fenotipe yang ada pada populasi. Perhatikan contoh perhitungan genotipe di bawah ini.


Pada populasi dengan jumlah total 1000 individu, diketahui sebanyak 490 individu memiliki genotipe AA, 420 individu memiliki genotipe Aa, dan 90 individu memiliki genotipe aa. Dengan demikian, frekuensi genotipe AA, Aa, dan aa secara berturut-turut adalah 0.49, 0.42, dan 0.09.

Dari contoh data di atas, diketahui bahwa frekuensi genotipe dinyatakan dalam angka desimal, dan total keseluruhan frekuenasi genotipe dalam suatu populasi adalah 1.

Frekuensi fenotipe merupakan proposi fenotipe tertentu pada suatu populasi. Jika berdasar pada dana frekuensi genotipe di atas, dengan sifat alel A dominan terhadap alel a, maka frekuensi fenotipe populasi tersebut adalah sebagai berikut.



Frekuensi alel merupakan proporsi dari alel tertentu pada suatu populasi (dalam hal ini, alel A atau alel a). pada suatu populasi, karena setiap individu memiliki sel yang diploid, maka populasi yang terdisi atas 1000 individu memiliki total 2000 alel. Individu dengan genotipe AA pada populasi tersebut memiliki alel 490 x 2 = 980 alel. Sementara itu, genotipe Aa yang berjumlah 420, berarti membawa alel A sejumlah 420. Dengan demikian, total alel A pada populasi tersebut adalah 980 + 420 = 1400. Sedangkan total alel a adalah 420 + 90 + 90 = 600. Dengan demikian, frekuensi alel pada populasi dapat dihitung sebagai berikut:


Frekuensi alel A = Total alel A/ Total alel pada populasi = 1400 / 2000 = 0.7

Frekuensi alel a = Total alel a / Total alel pada populasi = 600 / 2000 = 0.3



Pertanyaan:

1. Apakah istilah Gene Pool merujuk pada individu, populasi, atau keduanya?
2. Pada populasi manusia yang terdiri atas 1000 individu, 840 mampu melipat lidah (Tt dan tt), sedangkan 160 tidak mampu melipat lidah (tt). Berapakah frekuensi alel dominan (T) pada populasi tersebut?




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur Aerenkim Akar

Berapa Sih Jumlah Total Energi dari Respirasi Seluler?

Menabung Mudah dan Praktis dengan SOBATKU