Soal Ekologi 4 (Pemanasan Global)

 

 Soal Essay ONMIPA

Pemanasan global terutama disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi karbondiokasida di atmosfer. Salah satu upaya yang dilakukan manusia untuk menurunkan konsentrasi karbondiokasida tersebut adalah melalui mekanisme carbon trade. Jelaskan apa yang dimaksud dengan carbon trade!


A. Pemanasan Global

Pemanasan Global adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi.  Suhu rata-rata global permukaan bumi telah meningkat 0.75 + 0.18 oC selama seratus tahun terakhir.


“Sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertangahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsetrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia” melalui efek rumah kaca.



  • Ketika energi matahari mengenai permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi.
  • Permukaan Bumi, akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini sebagai radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbondioksida, dan metana yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini.
  • Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi.
  • Hal tersebut terjadi berulang-ulang dan mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.

 

B. Perdagangan Karbon


Perdagangan karbon (Carbon trade) merupakan suatu mekanisme berbasis pasar untuk mengurangi kenaikan CO2 yang ada di atmosfer.

Dalam proses perdagangan terdapat istilah penjual dan pembeli. Adapun penjual karbon, yaitu pemilik yang mengelola hutan dan dapat menjual karbon berdasarkan jumlah karbon yang terkandung di dalam pohon-pohon yang berada di hutan (karena pohon berperan sebagai penyerap karbon).

Pembeli karbon adalah pemilik industri yang menghasilkan CO2 ke atmosfer dan diharuskan untuk menyeimbangkan emisi yang mereka keluarkan.

Jadi, melalui carbon trade, negara-negara penghasil polutan (AS dan Eropa) diberi kesempatan untuk melakukan kompensasi dengan cara membayar negara-negara berkembang (contoh: Indonesia) untuk mencadangkan hutan tropis yang dimilikinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini 5 Cara Manusia Memperoleh Pengetahuan

Berapa Sih Jumlah Total Energi dari Respirasi Seluler?

Mekanisme Kerja Hormon