Soal Filogenetik 1

Soal ONMIPA Nasional 2019

Pembahasan:





Kladogram di atas menunjukkan kelompok filogenetik vertebrata yang. 

Takson monofiletik (berwarna kuning), merupakan kelompok yang terdiri atas Lepidosauria, Testudines, Crocodylia, dan Aves  ("reptil dan burung"). Kelompok ini terdiri atas semua keturunan dari nenek moyang terbaru yang sama. 


Takson parafiletik (berwarns biru muda): merupakan kelompok yang terdiri atas Lepidosauria, Testudines, Crocodylia, (kelompok reptil). Kelompok ini memiliki nenek moyang terbaru yang sama,  namun tetapi tidak memuat semua keturunan dari nenek moyang terbarunya (Aves tidak termasuk dalam kelompok ini)

"Kelompok" polifiletik (berwarna merah): terdiri atas Aves dan Mamalia. Kelompok parafiletik ini ebenarnya tidak dianggap sebagai takson oleh para ahli sistematika modern, karena pengelompokannya didasarkan pada konvergensi. Anggota kelompok parafiletik ini memiliki nenek moyang terbaru yang berbeda. 





Pada kladogram promata di atas, kelompok polifiletik terdiri atas Lorises dan Tarsiers yang merupakan jenis primata yang aktif pada malam hari, namun keduanya tidak berasal dari nenek moyang terbaru yang sama. 





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini 5 Cara Manusia Memperoleh Pengetahuan

Mekanisme Kerja Hormon

Berapa Sih Jumlah Total Energi dari Respirasi Seluler?