Tipe-Tipe Mutasi


Mutasi merupakan perubahan yang terjadi pada urutan basa pada DNA, sehingga mempengaruhi jenis polipeptida yang diproduksi. Jenis-jenis mutasi yaitu:

a. Missense mutation: substitusi basa dengan jenis basa lain yang menyebabkan perubahan kodon, sehingga menyandi asam amino yang berbeda. 

b. Nonsense mutation: substitusi basa dengan jenis basa lain yang menyebabkan terbentuknya kodon stop, sehingga polipeptida secara abnormal menjadi lebih pendek dari seharunya. 

Substitusi basa tidak akan memberi pengaruh juka substitusi tersebut tetap menyandi asam amino yang sama atau kodonnya menyandi asam amino yang secara kimiawi serupa. 




c. Frameshift mutation: terjadi jika ada insersi atau delesi satu atau dua pasang basa pada suatu gen, sehingga menyebabkan urutan kodon berubah setelah titik terjadinya insersi atau delesi. 

d. Mutasi juga dapat disebabkan oleh sekuense DNA yang dapat berpindah, yang disebut transposon. Transposon berpindah pada gen, sehingga menyebabkan perubahan urutan polipeptida yang disansi oleh gen tersebut.



Sumber: Solomon et al. (2007)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini 5 Cara Manusia Memperoleh Pengetahuan

Mekanisme Kerja Hormon

Berapa Sih Jumlah Total Energi dari Respirasi Seluler?